Model Arsitektur Pohon (Massart, Rauh dan Nozeran)

Model arsitektur pohon merupakan konstruksi bangunan suatu pohon sebagai hasil pola pertumbuhan meristematik yang dikontrol secara morfogenik. Elemen-elemen dari suatu arsitektur pohon terdiri dari pola pertumbuhan batang, percabangan dan pembentukan puncak terminal (Halle et al, 1975).

  • Model massart : yaitu model pohon dengan ciri-ciri batang batang bercabang, poliaksial, dengan aksis vegetatif tidak ekuivalen, homogen (terdiferensiasi dalam bentuk aksis ortotropic), percabangan seluruhnya acrotonic dalam membentuk batang, bukan konstruksi modular dengan perbungaan lateral, pola percabangan umum monopodium, pertumbuhan batang dan cabang ritmik dan percabangan flagiotropik bukan karena aposisi, monopodial atau simpodial karena substitusi. Contohnya : ki endog (Geniostoma haemospermum) dari famili Loganiaceae dan ki bangkong (Turpinia spaerocarpa) dari famili Staphyliaceae. Gambar arsitekturnya sebagai berikut :

  • Model Rauh : yaitu model pohon yang memiliki ciri-ciri batang bercabang, poliaksial atau pohon dengan beberapa aksis berbeda, dengan aksis vegetatif yang tidak ekuivalen dengan bentuk homogen, semuanya orthotropic, percabangan monopidial dengan perbungaan lateral dan mempunyai batang pokok yang mengalami pertumbuhan secara ritmik. Contohnya : huru (Litsea angulata) dari famili Elaeocarpaceae, puspa (Schima wallichii) dari famili Theaceae dan rasamala (Altingia excelsa) dari famili Hamamelidaceae. Gambar arsitekturnya sebagai berikut :

  • Model Nozeran : yaitu model pohon yang memiliki ciri batang bercabang, kadang-kadang terlihat seperti tidak bercabang, poliaksial, aksis vegetatif tidak ekuivalen (homogen, heterogen atau campuran) tetapi selalu mempunyai perbedaan yang jelas antarara batang dan cabang, aksis vegetatif homogen, percabangan akrotoni,  bukan konstruksi modular, seringkali dengan perbungaan lateral, pokok simpodium, ortotropik, cabang berupa simpodial atau monopodial tetapi tidak pernah plagiotropik. Gambar arsitekturnya sebagai berikut :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s