Cara Mengidentifikasi Model Arsitektur Pohon

Model arsitektur pohon merupakan konstruksi bangunan suatu pohon sebagai hasil pola pertumbuhan meristematik yang dikontrol secara morfogenik. Elemen-elemen dari suatu arsitektur pohon terdiri dari pola pertumbuhan batang, percabangan dan pembentukan puncak terminal.

Cara mengidentifikasi model arsitektur pohon yaitu dengan melihat pola pertumbuhan pohon yang dapat berupa ritmik dan kontinyu. Pertumbuhan ritmik memiliki suatu periodisitas dalam proses pemanjangannya yang secara morfologi ditandai dengan adanya segmentasi pada batang atau cabang. Pertumbuhan kontinyu tidak memiliki periodisitas dan tidak ada segmentasi pada batang atau cabangnya.

Selain itu juga melihat pola percabangan yang dapat dibedakan atas pola sylepsis (percabangan yang terbentuk dari meristem lateral dengan perkembangan kontinyu) dan pola percabangan proplepsis (percabangan yang terbentuk secara diskontinyu dengan beberapa periode istirahat dari meristem lateral). Pertumbuhan tunas pada jenis-jenis pohon juga dapat dibedakan menjadi dua yaitu orthrotropik dan plagiotropik. Pertumbuhan tunas jenis orthrotropik dicirikan oleh pucuk yang terbentuk berorientasi tumbuh vertikal dan sering tidak berbunga, sedangkan pada pertumbuhan tunas jenis plagiotropik yaitu pucuk yang terbentuk berorientasi tumbuh secara horizontal dan sering menghasilkan bunga. Berikut ini adalah gambar berbagai model arsitektur pohon (Halle et al, 1975) :

”"

”"

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s