Interaksi Antarkomponen Biotik dengan Abiotik

Interaksi antara komponen biotik dengan abiotik membentuk ekosistem. Hubunganantara organisme dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya aliran energi dalam sistem itu. Selain aliran energi, di dalam ekosistem terdapat juga struktur atau tingkat trofik, keanekaragaman biotik, serta siklus materi. Dengan adanya interaksi-interaksi tersebut, suatu ekosistem dapat mempertahankan keseimbangannya. Pengaturan untuk menjamin terjadinya keseimbangan ini merupakan ciri khas suatu ekosistem. Apabila keseimbangan ini tidak diperoleh maka akan mendorong terjadinya dinamika perubahan ekosistem untuk mencapai keseimbangan baru.

Peningkatan kepadatan populasi mengurangi ketersediaan sumberdaya bagi suatu organisme, dan keterbatasan sumberdaya akhirnya akan membatasi pertumbuhan populasi.. Ketika ukuran populasi meningkat, kompetisi akan lebih sering terjadi dan laju pertumbuhan menurun sebanding dengan intesitas kompetisi ; laju pertumbuhan populasi tergantung pada kepadatan (Champbel, 2004).

Dalam pertumbuhan populasi terbatas, suatu faktor yang tergantung pada kepadatan adalah faktor yang memperkuat peningkatan ukuran populasi. Pada model pertumbuhan logistik, faktor yang tergantung kepadatan mempengaruhi laju pertumbuhan populasi dengan cara menurunkan reproduksi atau dengan cara meningkatkan kematian dalam suatu populasi yang sudah begitu padat. Keterbatasan sumberdaya dalam suatu populasi yang padat dapat mempengaruhi ukuran populasi di masa depan. Pada kasus yang seperti ini, peningkatan kompetisi intraspesies atas nutrien yang menurun menyebabkan penurunan populasi. Jadi, nutrien juga merupakan pembatas dalam suatu populasi.

Kepadatan populasi juga akan mempengaruhi kesehatan dan peluang bertahan hidup suatu organisme dalam populasi. Suatu populasi, khususnya tumbuhan yang padat, jiga akan berkompetisi dalam memperoleh sumber energi matahari. Dalam populasi yang padat, suatu tanaman dapat menghalagi tanaman lain untuk memperoleh cahaya. Sehingga proses metabolisme jadi tidak sempurna.

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s